Lompat ke isi utama

Berita

Awasi Coklit, Bawaslu Kabupaten Kepahiang Melalukan Pengawasan Melekat

Coklit

Kepahiang-Tim pengawasan Bawaslu Kabupaten Kepahiang yang di pimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kepahiang Mirzan Pranoto Hidayat melakukan pengawasan langsung Pelantikan dan Bimbingan Teknis Pantarlih serta Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih Pada Pilkada Serentak Tahun 2024 di Wilayah Kabupaten Kepahiang. Senin, 24 Juni 2024

"Masalah krusial dalam setiap penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) adalah data pemilih. Hal ini selalu menjadi sorotan permulaan tahapan pemilu sampai dengan proses pemungutan dan perhitungan suara" ujar Mirzan.

Mirzan, menyampaikan panca pelantikan Pantarlih, Bawaslu beserta jajaran mulai melakukan pengawasan lebih intensif. Terutamaa dalam coklit data pemilih. Pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) oleh Pantarlih yang dimulai sejak 24 Juni hingga 24 Juli mendatang.

Dalam melakukan proses pengawasan, Mirzan menekankan kejajaran Bawaslu untuk memastikan Pantarlih yang telah dilantik mendapatkan bimtek sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) dan pedoman terbaru dari KPU.

“Jangan sampai pada saat pelaksanaan coklit, Pantarlih ini tidak paham apa yang menjadi tugasnya. Karena data pemilih ini adalah bagian krusial dari pemilu dan pemilihan,"imbuh Mirzan.

"Jajaran Bawaslu Kabupaten Kepahiang akan melakukan pengawasan secara melekat di setiap tingkatan. Pengawas Desa/Kelurahan akan mendampingi dan mengawasi petugas Pantarlih dalam melakukan coklit data pemilih Pilkada serentak 2024. Guna memastikan pemutakhiran data pemilih (Mutarlih) hingga penyusunannya berjalan dengan baik sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku "Ujar Mirzan.

 

Penulis dan Foto: Tim Kehumasan Bawaslu Kabupaten Kepahiang