Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kabupaten Kepahiang Memperkuat Pemahaman Saksi Pemilu Tahun 2024

Tot saksi

Ketua Bawaslu Kabupaten Kepahiang memberikan sambutan dalam pembukaan penguatan kapasitas (TOT) dan Manajemen Pengetahuan Saksi  Peserta Pemilu Tahun 2024

Bawaslu Kabupaten Kepahiang Memperkuat Pemahaman Saksi Pemilu Tahun 2024

Kepahiang-Bawaslu Kabupaten Kepahiang -Perkuat Pemahaman Saksi Pada Pemilu Tahun 2024 Bawaslu Kabupaten Melaksanakan Kegiatan Fasilitasi Penguatan Kapasitas (TOT) dan Manajemen Pengetahuan Saksi  Peserta Pemilu Tahun 2024 di Aula Griya Serbaguna Kepahiang, 23 Desember 2023

Kegiatan ini di buka secara langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Kepahiang Mirzan Pranoto Hidayat di dampingi Anggota Bawaslu Erwin Prianto dan Asuan Toni serta Koordinator Sekretariat Bawaslu Kepahiang Siti Atul Nuraini .

Dalam sambutan nya Mirzan menyampaikan Pelatihan yang diadakan oleh Bawaslu Kepahiang ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan saksi peserta Pemilu, sehingga mereka dapat menjalankan tugas pokoknya dengan lebih efektif. Dengan demikian, diharapkan Pemilu 2024 dapat berlangsung dengan kualitas yang lebih baik dan masyarakat lebih aktif terlibat dalam menjaga integritas demokrasi elektoral.

Secara keseluruhan tugas pokok saksi peserta pemilu yaitu untuk memastikan proses pemungutan suara dan penghitungan di tingkat TPS tidak ada kecurangan serta memastikan benar-benar sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Dalam kegiatan ini meghadirkan  3 (tiga) narasumber yaitu Anggota KPU Kabupaten Kepahiang Nurhasan yang memaparkan materi teknis pelaksanaan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasil perolehan suara pemilu 2024.

Dilanjutkan pemateri kedua yang di sampaikan oleh Bapak Darlinsyah, yang merupakan akademisi dengan materi manajemen pengetahuan, peran dan tanggungjawab saksi peserta pemilu tahun 2024. Kemudian ditutup dengan narasumber ketiga yakni Ibu Patimah Siregar yg merupakan Akademi Pemilu dan demokrasi provinsi bengkulu dengan materi pengawasan tahapan pungut hitung pada pemilu tahun 2024.

Peserta pada kegiatan ini di ikuti oleh Liaison officer (LO) Parpol, Liaison officer (LO) DPD, Unsur Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Unsur Kepolisian, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepahiang, TNI dan Badan Intelijen Negara (BIN).

Peserta kegiatan terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut dimana dapat dilihat dari keingintahuan mereka terhadap apa saja yg harus dilakukan mereka selaku LO agar dapat menciptakan saksi parpol yang handal.

Penulis dan Foto : Bayu Ade Yudha Irawan

Editor : Wawan Heriyanto