Lompat ke isi utama

Berita

Jelang Pemilu Bawaslu Kelahiang gelar Pelatihan Saksi Peserta Pemilu

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten kepahiang Penguatan Kapasitas (TOT) Manajemen Pengetahuan Saksi Peserta Pemilu, yang berlangsung di Aula griya 38, Senin (5/2/2024).

Kegiatan tersebut diikuti oleh saksi peserta pemilu serta Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Kepahiang.

Ketua Bawaslu Kepahiang, Mirzan, dalam sambutannya mengatakan, pentingnya para saksi peserta pemilu mengikuti pelatihan ini adalah untuk memastikan bahwa proses pemungutan dan penghitungan suara pada 14 Februari nanti akan berlangsung secara jujur, netral, dan adil.  

"Perlunya kegiatan ini dilaksanakan, agar teman-teman saksi akan mengawasi betul proses pemungutan suara di TPS dengan hadir dan melakukan pengawasan secara langsung, sehingga apa yang dihasilkan nanti pasca-Pemilu sesuai dengan demokrasi sebagaimana yang kita harapkan," terangnya.

Mirzan juga menekankan pentingnya para peserta dalam memperhatikan materi-materi yang akan disampaikan dalam pelatihan ini. "Kami berharap agar para peserta yang hadir saat ini dapat memperhatikan dengan seksama materi yang di sampaikan pada kegiatan ini," tutupnya.

Bawaslu Kabupaten Kepahiang dalam pelatihan ini menghadirkan sejumlah pemateri, di antaranya pimpinan KPU Kabupaten Kepahiang, Anthaka Rhamadan yang memberikan materi tentang teknis pemungutan dan penghitungan suara.

Kemudian dilanjutkan oleh Saadah Mardliyati selaku Akademisi UINFAS Bengkulu yang memaparkan materi tentang Kedudukan dan Tugas Saksi Peserta Pemilu di TPS pada Pemilu Tahun 2024.

Kegiatan diakhiri oleh Narasumber dari Bawaslu Provinsi Bengkulu,  yang memberikan materi tentang Pengawasan Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

 

Penulis dan Foto : TIm Kehumasan Bawaslu Kepahiang