Lompat ke isi utama

Berita

Mirzan : Masyarakat Berperan Penting Dam Pengawasan Pemilihan Tahun 2024

Partisipatif

Kepahiang, Badan Pengawas Pemilihan Umum Bawaslu Kabupaten Kepahiang - Dalam rangka mengedukasi serta mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pengawasan pada Pemilu tahun 2024 Bawaslu Kabupaten Kepahiang gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota serentak 2024 yang dilaksankan Aula Zhu-Zhu Garden Kepahiang. Kamis, 04 Juli 2024

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Kepahiang Mirzan Pranoto Hidayat di dampingi Anggota Bawaslu Kabupaten Kepahiang Erwin Prianto , Asuan Toni serta Koordinator Sekretariat Bawaslu Kepahiang Siti Atul Nuraini. Dalam sambutannya Mirzan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, bahwa pentingnya peran pengawas partisipatif dalam membantu mengawasi proses Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Sosialisasi ini diharapkan bukan hanya memberikan pemahaman mengenai pengawasan partisipatif, tetapi juga membuka ruang diskusi antara Bawaslu dan masyarakat . Hal ini bertujuan untuk saling bertukar pandangan serta merumuskan langkah-langkah strategis guna meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam pengawasan Pemilu Tahun 2024.

Dalam kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota serentak 2024 menghadirkan pemateri dari Porles Kepahiang dan Dandim 0409 R/L. 
Pemateri dari Polres Kepahiang yang di sampaikan oleh Kanit Tipidter Ipda Fredo Ramous menjelaskan tugas dan fungsi Polri, dimana Polres bekerja sama dengan TNI menjelang pilkada serentak akan melakukan Preemtif dan Preventif terkait situasi akan dijelaskan pada warga masyarakat (pemilih) dengan cara sosialisasi, himbauan serta pencegahan (preventif) agar tidak terjadi kecurangan, penyebaran berita bohong, pengguna medsos akan dipantau oleh APH bersama Kominfo, money politics baik pra pilkada maupun pasca pemilihan, Polri bersama TNI bersinergi memantau kegiatan dimasyarakat jangan sampai terjadi kegaduhan, bentrok dan termasuk potensi kerawanan pada masa pilkada serentak khususnya di Kabupaten Kepahiang dan Provinsi umumnya.

Selanjutnya di lanjutkan pemateri dari Dandim 0409 R/L yang di sampaikan oleh Letkol ARH Erfan Yuli Saputro menjelaskan peran serta TNI terkait pengawasan partisipatif dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serentak 2024, memaparkan bagaimana rangkaian pelaksanaan pilkada berjalan damai, menekankan juga antisipatif mengenai berita bohong (hoax), Dandim 0409 R/L bekerja sama dengan pihak Bawaslu mulai pra hingga pasca pilkada di Kabupaten Kepahiang berjalan kondusif dan sangat mengharapkan kepada organisasi masyarakat khususnya yang ASN untuk tetap netral.

Kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota serentak 2024 di hadiri oleh Unsur TNI, Tokoh Masyarakat, Organisasi Masyarakat, Organisasi Pemuda dan Kemahasiswaan, Lembaga-lembaga dan Komunitas dan Media Cetak dan Online.

Penulis dan Foto: Tim Kehumasan Bawaslu Kabupaten Kepahiang