Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kabupaten Kepahiang Meraih Penghargaan Lembaga Informatif dalam Keterbukaan Informasi

Bawaslu Informatif

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kabupaten Kepahiang Erwin Prianto Menerima Penghargaan Kategori  Informatif Dalam Monitoring Evaluasi Keterbukaam Infomeasi Publik

 

Bawaslu Kabupaten Kepahiang Meraih Penghargaan Lembaga Informatif dalam Keterbukaan Informasi

Bengkulu, Bawaslu Kepahiang - Ketua Bawaslu Provinsi Faham Syah, menyampaikan penentuan Bawaslu Kabupaten/Kota memperoleh penganugerahan keterbukaan informasi didasari 3 standar proses penilaian. Dimulai dengan pengisian SAQ yang sudah disosialisasikan sebelumnya, dilanjutkan dengan masa sanggah untuk menyanggah penilaian SAQ, dan diakhiri dengan presentasi.

Adapun proses yang dihilangkan dalam penilaian ini yakni visitasi dan presentasi, data didapat  cukup dengan proses penilaian awal saja.

"Diharapkan Humas dan Datin Bawaslu Kabupaten/Kota dapat meningkatkan kinerjanya di tahun depan. Hal ini mengingat belum banyak Bawaslu Kabupaten/Kota yang masuk ke dalam nominasi terbaik dalam anugerah kehumasan Bawaslu dan predikat informatif Bawaslu", tegasnya Faham Syah.

 

Dalam arahannya Apriyanto Kurniawan selaku Kabag Pengawasan dan Humas Bawaslu Provinsi menyampaikan, "Penilaian Bawaslu RI kali ini terbagi nenjadi dua kategori yaitu Informatif dan Menuju Informatif. Piagam penganugerahan keterbukaan informasi ini langsung ditandatangani oleh Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kordiv Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Erwin Prianto Bawaslu Kepahiang pada kegiatan Malam Penganugerahan Informasi Publik Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu Tahun 2023 pada Senin di Hotel Santika Bengkulu (11/12/2023).

Erwin Prianto menambahkan pencapaian ini sebagai bukti komitmen Bawaslu Kepahiang dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi.

"Penghargaan yang diberikan Bawaslu RI ini diharapannya untuk dapat dipertahankan dan ditingkatkan proses pelayanan publik menunjukkan dedikasi kerja-kerja tim Humas dan PPID Bawaslu Kabupaten Kepahiang dalam menyediakan informasi yang transparan dan relevan kepada masyarakat", terang Erwin.

Ia menegaskan prestasi ini membantu memperkuat demokrasi serta informasi terkait pengawasan pemilu. Keterbukaan informasi mampu meningkatkan kepercayaan publik ke penyelenggara pemilu khusus Bawaslu.

Penulis dan Foto: Bayu Ade Yudha Irawan 

Editor : Wawan Heriyanto