Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Provinsi Bengkulu Mengadakan Rakor DPB 2022

Bawaslu Provinsi Bengkulu Mengadakan Rakor DPB 2022

Kepahiang-Bawaslu Kabupaten Kepahiang-Anggota Bawaslu Kabupaten Kepahiang-Anggota Bawaslu Kabupaten Kepahiang Zaynal selaku Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga serta didampingi oleh staf sekretariat Bawaslu Kabupaten Kepahiang mengikuti rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tahun 2022 yang dilasakan oleh Bawaslu Provinsi Bengkulu bertempat di hotel Santika kota Bengkulu. (23/3/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu dodi Herwansyah dan Patimah Siregar yang diikuti oleh Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu serta staf Bawaslu Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu yang membidangi daftar pemilih dan alumni SKPP Bawaslu Provinsi Bengkulu.

Rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tahun 2022 langsung dibuka oleh Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu Patimah Siregar selaku koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provinsi Bengkulu. Dalam kata sambutan Patimah Siregar menyampaikan bahwa pada Pemilu Tahun 2024 sudah di depan mata maka kita harus merepleksikan tugas-tugas dalam menghadapi tahapan pemilu karna regulasi Pemilu dan Pemilihan tahun 2024 tidak berubah.

"Pada Undang-Undang point penting adalah melakukan pencegahan pelanggaran di setiap tahapan yang kita hadapi sehingga indikator pengawasan berupa sosialisasi pengawasan dapat kita capai dalam menyukseskan demokrasi yang lebih baik". Ujar patimah.

"Saya mengapresiasi kepada Bawaslu Kabupaten/kota telah melakukan pengawasan terhadap penyusunan daftar pemilih yang telah dilakukan yang diakui oleh Partai Politik di tingkat pusat serta tingkatkan koordinasi dalam mewujudkan pengawasan dengan melakukan pencegahan pada setiap tahapan Pemilu". Lanjut Patimah.

Selanjutya salam kata sambutan Dodi Herwansyah menyampaikan bahwa daftar pemilih merupakan hal yang sangat penting pada saat pemilihan suara kerena akan mencuat permasalahan dalam Pemilu dan Pemilihan yang kita hadapi sehingga daftar pemilihan yang berada di Lapas menjadi prioritas pada pengawasan yang kita lakukan."

Saya harapkan Bawaslu Kabupaten/Kota melakukan koordinasi kepada stakeholder terkait permasalahan-permasalahan pada Pemilu yang akan datang kita hadapi khususnya daftar pemilih dan melakukan pengawasan terhadap masyarakat yang vekum memiliki administrasi kependudukan serta pemilih yang oindah domisili yang menjadi cacatan kita bersama". Ujar Dodi.

Selanjutnya kegiatan rapat koordinasi dilanjukan dengan pemaparan materi terkait dengan pemuktahiran data pemilih berkelanjutan yang sampaikan oleh pemateri yang sangat kompeten dibidangnya yaitu Sigit Sudjadmiko dengan tema Peran dan perspektif masyarakat dalam ikut serta melakukan pengawasan partisipatif dalam Pemilu serentak tahun 2024, Deva Agustha dengan tema peran pemerintah daerah dalam mensukseskan Pemilu Tahun 2024, Gunawan Wibisono dengan tema mekanisme pemutakhiran data kependudukan dan Hamzah dengan tema mekanisme pemutakhiran data pemilih berkelanjutan (PDPB).

Penulis : Wawan Heriyanto Fotografer : Wawan Heriyanto
Tag
Berita