Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu RI Siapkan Perekrutan Pengawas TPS

Ketua

Bawaslu RI Siapkan Perekrutan Pengawas TPS

Yogyakarta, Bawaslu Kabupaten Kepahiang - Dalam upaya melahirkan pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) dalam Pemilihan Serentak Tahun 2024 yang berkualitas dan berkapabilitas yg baik, Ketua Bawaslu Kabupaten Kepahiang Mirzan Pranoto Hidayat menghadiri Rapat Koordinasi Penyusunan Pedoman Pembentukan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dalam Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Tahun 2024 yang di selenggarakan oleh Bawaslu RI di Hotel Merapi Merbabu, Yogyakarta, Tgl 30 Agustus 2024 hingga 1 September 2024.

Kegiatan yg dibuka Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja dan dihadiri Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi Bawaslu RI, Herwyn J Malonda serta Tenaga Ahli dnnpejabat struktural Bawaslu RI. Sementara peserta kegiatan adalah Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/kota se Indonesia serta perwakilan Panitia Pengawas Kecamatan dari masing-masing kabupaten/kota.

Menurut Koordinator Divisi Sumber daya Manusia dan Organisasi Bawaslu Ri, Herwyn J Malonda, kegiatan ini salah satunya dalam rangka menghimpun dan mengidentifikasi kemungkinan potensi persoalan yang akan dituangkan dalam Juklak maupun Juknis Rekrutmen PTPS sebagai pedoman.

"Ini penting agar dapat PTPS yg kita rekrut benar-benar profesional karena potensi terjadinya sengketa adalah pada tahapan pemungutan, penghitundan rekapitulasi perolehan suara di tempat pemungutan suara, " Ujar Herwyn J Malonda di sela-sela kegiatan.

Sementara itu, Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, mengatakan bahwa masukan2 dari daerah penting dalam regulasi rekrutman PTPS karena setiap daerah memiliki persoalan yang berbeda. Selain itu tugas PTPS tidak hanya dalam kontek pengawasan saja namun jg mengetahui bagaimana alur menyelesaikan masalah ketika menjadi temuan, maka PTPS nantinya akan menerima Bimbingan Teknis secara berjenjang, " Demikian Rahmat Bagja.

 

#SahabatBawaslu
#AyoAwasiBersama
#PemilihanSerentak2024
#HumasBawasluKepahiang