Lompat ke isi utama

Berita

Meminimalisir Permasalahan Bawaslu Kepahiang Gelar Rapat Evaluasi Pengawasan Tahapan Pencalonan

Rapat Evaluasi Pengawasan Tahapan Pencalonan

Kepahiang – Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Kepahiang-Rapat Evaluasi Tahapan Pencalonan dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Kepahiang Kegiatan tersebut dilaksanakan Pada Hari Rabu tanggal 1 Desember 2021. Rapat Evaluasi Tahapan Pencalonan di ikuti 10 Staf Teknis. Acara Rapat Evaluasi ini bertujuan untuk meminimalisir permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam pengawasan yang berkaca pada pemilihan serentak tahun 2020. kegiatan ini menyusun daftar inventaris masalah dan memetakan peta kerawanan dalam setiap tahapan Pencalonan dalam pengawasan mendatang.

Acara tersebut dibuka oleh Anggota Bawaslu Kepahiang Zaynal Selaku Kordiv Pengawasan Humas dan Hubal dan di dampingi Anggota Bawaslu Kepahiang Firmansyah selaku Koordinator Divisi (HPPS) Hukum Penindakan Pelanggaran dan Sengketa. Dalam sambutannya Menyampaikan “Setidaknya terdapat lima tahapan dalam pengawasan yang menjadi agenda evaluasi, yakni tahap pencalonan, tahap pemungutan dan penghitungan suara, tahap rekapitulasi hasil penghitungan suara, tahap penetapan pasangan calon terpilih, Disamping itu juga Zaynal menuturkan banyak tantangan tersendiri dalam pelaksanaannya seperti perubahan regulasi, perubahan jadwal tahapan, dari itu kita selalu siap dalam melaksanakan pengawasan, Puncak pengawasan kita adalah pada saat pemungutan suara dan tahap rekapitulasi. Pra pemungutan bisa menjadi energi positif untuk kita bisa bekerja baik secara maksimal terkhususnnya pengawasan dalam tahapan pencalonan” tegasnya.

Anggota Bawaslu Kepahiang Firmansyah selaku Koordinator Divisi (HPPS) Hukum Penindakan Pelanggaran dan Sengketa menambahkan, kita harus tegas melaksanakan Tugas, Wewenang, dan Kewajiban Pengawas Pemilu yang berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, semakin suksesnya dalam pengawasan semakin suksesnya penindakan karena pengawasan adalah awal dari pencegahan”singkatnya.

Penulis : Prengki Sawaludin Fotografer : Erwin Prianto
Tag
Berita